Aplikasi alternatif aplikasi matlab


siapa yang tak kenal Matlab, tools komputasi yang powefull dan populer, berbagai disiplin ilmu menggunakan tools ini, misalnya simulasi antena, signal processing, dan lain-lain. Saat ini Matlab menjadi standart di berbagai institusi, misalnya universitas. Tetapi sebanding dengan kemampuannya, harga dari software ini pun juga tergolong sangat mahal. Hal ini lah yang terkadang menjadi masalah bagi orang yang ingin belajar simulasi/mempelajari matlab itu sendiri
Jika kita jeli ada beberapa software sejenis yang berlisensi GRATIS, dan salah satunya adalahOctave, tools ini bisa dibilang software yang mendekati matlab dari segi functionalitas dan kesamaan dengan matlab. Octave ini mampu menjalankan file .m yg biasa dijalankan oleh matlab, walaupun tidak sangat sempurna. Octave juga bisa diinstall di OS yang berbeda:
  1. Windows
  2. Linux
  3. MacOS
Octave menggunakan CLI sebagai input perintah defaultnya, tp ada tools GUI tambahan yang bisa diinstall untuk mempermudah pemakaiannya. Perintah-perintah pada Octave sangat mirip dengan matlab, walaupun ada beberapa yang berbeda karenan memang didesain agar pemakai matlab masih familiar dengan Octave.
semoga dengan adanya software ini bs menjadi alternatif bagi user yang menginginkan software sepowerfull matlab

beberapa screenshot octave: